5 Tips Rakit PC Gaming Buat Kamu Yang Kantongnya Pas Pasan

Merakit sebuah PC gaming adalah sebuah hal yang gampang – gampang susah. Karena, kalian harus perhatikan komponen apa saja yang di perlukan supaya sesuai dengan kebutuhan kalian. apalagi untuk kalian yang kantongnya masih pas – pasan.

PC gaming memang terbilang sebagai barang yang mahal. Bahkan lebih mahal dari console. Kebanyakan orang memilih PC gaming karena bisa multitasking bukan Cuma main game namun juga bisa nonton film. Nah, untuk kalian yang mau merakit PC gaming, ada beberapa tips yang harus kalian perhatikan dulu. Apa saja? yuk simak.

1.Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Kebutuhan PC ada banyak. Ada yang hanya untuk ngetik, kerja, main game low / high end, hingga server. Nah, untuk PC gaming, selain menyesuaikan dengan kantong, kalian juga harus sesuaikan dengan kebutuhan kalian yang mungkin sebagian besar butuh untuk main game low / mid end.

Kalau sudah menetukan taget kalian, kalian gak boleh lebay dalam memilih komponennya. Gak banget kalau kalian mengambil motherboard yang sudah ada wifinya seperti ASUS Maximus namun cuman menggunakan gtx 950.

2.Hindari Merk Gajelas

Walaupun memilih harga yang murah, namun kalian tetap tak boleh asal – asalan dalam memilih merk. Mungkin banyak orang yang tak memperdulikan merk dan lebih mengedepankan murah. Yang penting bisa dapat, dan main game baru. Namun, setidaknya anggaplah kalau PC rakitan kalian itu untuk investasi ke depannya.

Kalau rusak tiba – tiba dalam waktu singkat, maka kalian sendiri yang akan rugi. Hindarilah merk yang asal usulnya tak jelas, kalau perlu, search dulu di Google. Kalau kalian menemukan yang harganya cukup murah maka segeralah membelinya.

Merk yang tua juga bukan berarti ketahanannya tak baik loh. Itulah kenapa, cari tahu dulu bagaimana performanya dan jangan asal beli.

3.Prioritaskan Komponen Krusial

Prioritas yang di maksud di sini adalah dengan memilih merk yang terpercaya pada tiap komponennya. Komponen krusial PC itu seperti Motherboard, PSU, HDD, RAM, GPU, maupun VGA. Sedangkan CPU sudah jelas kalau bukan Intel, ya AMD.

Usahakan kelima komponen itu punya merk yang terpercaya karena mereka saling berhubungan dan akan sangat krusial kalau salah membeli tipe. Membeli PSU murahan dengan merk yang tak helas gak jamin bisa tahan lama. Cari yang murah juga ya.

4.Nabung Untuk Upgrade

Investasi tentu saja tujuannya untuk jangka panjang. Artinya kalian bisa menyiapkan uang untuk updrade sedikit – sedikit. Gak perlu langsung i9, RAM 32 GB, namun siapkan dulu uang untuk focus ke satu komponen saja.

Jangan menimbun uang tersebut kalau sudah mencapai target. Lebih baik miskin sekarang daripada gak bisa beli komponen yang tak di inginkan selama bertahun – tahun dan hanya menyeluh PC kentang.

5.Cari Yang Garansinya Panjang

Garansi juga bisa jadi prioritas. Setiap merk dari beberapa komponen biasanya punya masa garansi yang beda – beda, tapi, yang pasti RAM seperti merk Corsair memiliki masa garansi seumur hidup. Hal ini berarti jika RAM kalian mati total maka mau di gunakan 5 tahun sekalipun mereka akan ganti dengan RAM baru.

Komponen dengan garansi pendek di jamin bakal bikin kalian tekor duluan. Kalian juga harus tahu kalau tahun garansi pertama itu merupakan penggantian komponen baru selama gak cacat karena kesalahan kalian sendiri seperti terbanting. Sementara tahun kedua adalah servis komponen gratis.

Itulah beberapa tips merakit PC gaming untuk kalian yang kantongnya pas – pasan. Semoga bermanfaat.